Tujuan Pendidikan kita

Apa tujuan pendidikan kita? Apa tujuan persekolahan kita? Apa tujuan kita mengajar?
Kebanyakan dari kita mungkin akan menjawab dengan “meluluskan siswa dengan nilai baik” atau mungkin ada juga yang akan menjawab tujuan dari tiga pertanyaan di atas adalah untuk memaksimalkan setiap potensi yang dimiliki oleh siswa untuk kebaikan siswa itu sendiri, keluarganya, bahkan untuk kemakmuran bangsa dan Negara.
Kita tidak bisa bersikap apatis dan menganggap semua orang akan menjawab dengan jawaban yang ada di atas. Mau tidak mau beberapa pihak akan menjawab bahwa tujuannya adalah untuk meluluskan semua siswa dan menciptakan siswa “berprestasi” bagaimanapun caranya untuk mendapatkan penghargaan dan pujian dari pihak-pihak tertentu. Dan tujuan akhir dari tujuan ini adalah untuk menarik minat orang tua agar mendaftarkan anaknya di sekolah tersebut.
Mungkin ada juga guru yang menjawab bahwa tujuannya mengajar adalah untuk mendapatkan predikat “berprestasi” dan diperhitungkan banyak pihak. Dengan menyampingkan etika pendidikan dan metode pengajaran yang disesuaikan dengan kebutuhkan siswa itu sendiri.
Masih banyak rumusan tujuan pendidikan/pengajaran. Bahkan tiap sekolah dan tiap guru mungkin memiliki rumusan tujuan pendidikan/pengajaran mereka. Para pemerhati dan praktisi pendidikan akan memilih tujuan pendidikan/pengajaran yang lebih memperhatikan kebutuhan siswa, namun tidak dipungkiri bahwa ada juga yang bertujuan untuk keuntungan pribadi.
Pertanyaan yang muncul berikutnya adalah apakah ada oknum yang pendidikan/pengajaran/persekolah itu ditujukan?

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: